Jokowi Tangkap Peluang Industri Kreatif Papua

Potret Presiden Jokowi Ketika Diserbu Murid SD dan Ditanya Kenapa Ibu Kota Negara Baru Indonesia atau IKN Harus Pindah ke Kalimantan, Bukan Papua? (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Potret Presiden Jokowi Ketika Diserbu Murid SD dan Ditanya Kenapa Ibu Kota Negara Baru Indonesia atau IKN Harus Pindah ke Kalimantan, Bukan Papua? (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan potensi industri dan ekonomi kreatif di Papua sangat besar termasuk dari sisi material. Hal ini disampaikan saat mengunjungi wilayah Timur Indonesia itu. “Namun untuk melaksanakan ‘street carnival’ harus direncanakan sejak beberapa tahun sebelumnya, di-organizer dan dikemas dengan baik sehingga memunculkan produk seperti yang tadi disaksikan bersama,” kata Jokowi seperti dikutip dari Antara, Jumat (7/7/2023).

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, saat memberikan sambutan pembukaan Papua Street Carnival, menyebutkan potensi ekonomi kreatif di Tanah Papua luar biasa besar. Pagelaran Papua Street Carnival menampilkan lebih dari 116 parade, mulai dari parade tarian Fuu dengan alat musik tifa, kemudian parade tujuh wilayah adat di Tanah Papua diawali dengan replika tifa raksasa sepanjang 5 meter dengan diameter 1 meter.

Tujuh wilayah adat yaitu Mamta/Tambi, Saereri, Doberai, Bomberai, Anim Ha, La pago, dan Me-pago, hingga parade busana yang terinspirasi dari flora, fauna, serta kekayaan budaya yang ada di Tanah Papua serta perahu hias, menghiasi Teluk Yos Sudarso, kata Sandiaga Uno. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri bertemu langsung dan berdialog dengan sejumlah anak sekolah dasar (SD), saat kunjungan ke Jayapura, Jumat 7 Juli 2023. Salah seorang anak mempertanyakan hal menggelitik perihal rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara (IKN) kepada Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, para pelajar awalnya menampilkan kemahiran mereka dalam hal berhitung kepada Presiden Jokowi. Setelah itu, mereka diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada Jokowi. Kesia Olivia Ergor, demikian dia memperkenalkan diri yang kemudian mengajukan pertanyaan perihal pemindahan IKN. “Kenapa ibu kota negara tidak dipindahkan saja ke Papua?” tanya anak yang berasal dari Kota Sorong tersebut kepada Jokowi. Kepala negara pun memberikan jawaban menjelaskan alasan pemerintah memilih Kalimantan sebagai lokasi IKN yang baru.

“Indonesia ini sangat besar, dari Papua sampai ke Aceh, dari Sabang sampai Merauke ya, sangat luas sekali,” ujar Jokowi. Dengan kondisi geografis yang sangat luas tersebut, dia menjelaskan, maka ibu kota Nusantara (IKN) dipilih di Kalimantan. Pertimbangannya antara lain karena posisinya yang berada di tengah-tengah Indonesia sehingga dekat untuk diakses dari sisi barat, timur, utara, maupun selatan Indonesia.

“https://www.liputan6.com/bisnis/read/5338445/jokowi-tangkap-peluang-industri-kreatif-papua”